Hikayat

Hikayat adalah bagian dari prosa lama. Prosa lama cenderung bersifat imajinatif, istanasentris, dedaktif, anonim, dan bentuk serta isinya statis. Sedangkan prosa baru bersifat realis, dinamis, dan tidak anonim.
Karya yang termasuk prosa lama ialah dongeng, (prosa lama yang isinya semat-mata berdasarkan khayalan dan disampaikan secara lisan), hikayat ( isinya mengenai kejadian-kejadian di lingkungan istana, tentang keluarga raja), silsilah atau tambo (semacam sejarah, akan tetapi isinya sudah dicampur aduk dengan khayal sehingga banyak cerita yang tidak tercerna oleh pikiran sehat.
Contoh hikayat:
1. Hikayat Hang Tuah
2. Hikayat si Miskin
3. Hikayat Panca Tantra
4. Hikayat Panji Semirang
5. Hikayat Dalang Indra Kusuma
6. Hikayat Amir Hamzah
7. Hikayat Anggun Cik Tunggal
dan sebagainya

16 thoughts on “Hikayat

  1. garry27 berkata:

    pak…saya tadi sempat membaca cerita yang bahasanya mirip dengan hikayat,,tetapi tidak ada hubungannya dengan kehidupan kerajaan..
    apa itu juga termasuk hikayat? sebab di cerita tersebut juga banyak kiasan dan ada pesannya..

  2. bahasakubahasamu berkata:

    buat garry: ciri sebuah hikayat dia harus istanasentris..maksudnya adalah segala sesuatu dalam cerita selalu dihubungkan (baik langsung atau tidak langsung) dengan kehidupan istana. Mungkin, yang kamu baca adalah dongeng…coba diulang lagi membacanya. Semangat terus Ger….

  3. garry27 berkata:

    terima kasih pak,,hehehe
    kalau begitu hikayat tidak ada yang memiliki setting waktu pada zaman sekarang ya? walaupun memakai bahasa dan kiasan yang sama dengan hikayat pada umumnya…

  4. nibras berkata:

    pak mufid,,maksudanya dedaktif itu apa?

  5. Zikrillah berkata:

    pak ulangannya jangan susah -usah ya!

  6. aza berkata:

    bagaiamana cara menyusun/membuat suatu hikayat?

    tx.

  7. irza berkata:

    saya dari malaysia, teman saya keturunan jawa. dia beritahu saya keluarganya mempunyai satu hikayat mengatakan dia keturunan raden di indonesia. apa bisa cerita itu saya percaya?

  8. irza berkata:

    saya dari malaysia, teman saya keturunan jawa. dia beritahu saya keluarganya mempunyai satu hikayat mengatakan dia keturunan raden di indonesia. apa bisa cerita itu saya percaya? tolong balas ya..

    • bahasakubahasamu berkata:

      maaf untuk irza…saya baru bisa membalas pertanyaan Anda..kebetulan saya baru kembali dari perjalanan studi… untuk teman Anda bisa dimungkinkan..karena di tanah Jawa masih terasa kental hubungan kekerajaan ..sampai saat ini masih banyak anak-anak muda yang memiliki gelar Raden karena garis keturunannya…Oh, iya awal Mei kemarin saya ke negeri Anda… cuma tidak berapa lama….

    • hamdanyuwafik berkata:

      askum irza … raden itu kalu di tanah jawa seperti orang yang dihormati oleh masarakat sekitar atau orang yang memegang kekuasa’an yang punya sifat aris,budiman santun kalau di malasia seperti julukan keluarga raja….

  9. steven berkata:

    pa, mengapa hikayat digolongkan dalam sastra praliahan? tolong di bantu ya pa.
    thanks

  10. gesy berkata:

    pak mau tanya hikayat berasal dari bahasa apa dengan kata apa ya?

  11. dab pay berkata:

    salam kenal…hikayat itu karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yg berisi cerita, riwayat, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan (fiksi), keagamaan, historis, biografis, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta, sebagai contoh; “Hang Tuah”, “Perang Palembang”, “Seribu Satu Malam”

  12. dab pay berkata:

    wah, enak ya pak bisa studi banding ke luar negeri. kpn ke jogja?

  13. chacha berkata:

    aQ btuh semua tentang hikayat bwat tugas ku..”

  14. arifin berkata:

    hikayat bisa didramakan ?????

Tinggalkan komentar