SIMPULAN ISI BERITA DAN TAJUK RENCANA

 SIMPULAN ISI BERITA DAN TAJUK RENCANA

Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Dapat dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal bahasa Indonesia, kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang berisi pendapat.

Contoh:

Penggunaan jasa angkutan udara dan laut di Balikpapan, Kalimatan Timur menuju Ujung Pandang dan Surabaya pada musim liburan sekolah Juni  2011 mencapai puluhan ribu orang. Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Surabaya penuh dan pesanan tiket melonjak dari hari biasa.

Simpulan : Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim liburan sekolah.

Tajuk rencana adalah kolom khusus dalam surat kabar yang berisikan tanggapan media yang bersangkutan terhadap satu peristiw aktual. Tanggapan tersebut bisa berupa dukungan, pujian, kritikan, bahkan cemoohan. Tajuk Rencana banyak mengemukakan pendapat-pendapat atau opini. Pendapat-pendapat itu berdasarkan analisis terhadap peristiwa atau fakta yang terjadi, yang menjadi sorotan penting media itu. 

KALIMAT UTAMA dan KALIMAT PENJELAS Kalimat pokok atau utama adalah tempat menuangkan ide pokok atau gagasan utama. Sedangkan, ide pokok atau gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Letak kalimat pokok atau utama biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat penjelas adalah tempat menuangkan ide penjelas. Ciri kalimat penjelas adalah memiliki makna khusus yang menjelaskan kalimat utama.

Contoh:

(1) Beberapa ahli jantung menyatakan, gejala stroke pada wanita agak berbeda dengan yang terjadi pada pria. (2) Gejalanya biasanya berupa sesak napas, keluhan sakit ke arah perut, dada atau punggung bawah, disertai mual. (3) Rasa sakit di dada tak hanya di sebelah kiri, bisa juga di kanan. (4) Diagnosis melalui gejala-gejal itu adakalanya sulit dilakukan karena sering mirip dengan gejala menopause: berkeringat dingin, berdebar-debar, sakit punggung, dan lain-lain. (5) Meski tidak spesifik , mulailah curiga bila Anda merasa terengah-engah disertai keringat dingin usai melakukan pekerjaan berat.

Penjelasan: Kalimat (1) merupakan kalimat utama karena pernyataan tersebut yang menjadi inti paragraf dan bersifat umum. Sementara itu, kalimat (2), (3), (4), dan (5) merupakan kalimat penjelas karena memberikan penjelasan khusus atau pernyataan umum pada kalimat (1).