IDE POKOK atau GAGASAN UTAMA

 IDE POKOK atau GAGASAN UTAMA
Ide pokok atau gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Ide pokok terdapar pada kalimat pokok atau utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga yang menyebar di seluruh paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi dan narasi. Hal yang merupakan ciri kalimat pokok antara lain memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut.
Contoh :

Banyak situs bersejarah di wilayah Kabupaten Sukabumi yang tdak terawat. Bahkan terdapat sejumlah situs purbakala yang telah hancur akibat penggalian harta karun dan ulah sebagian masyarakat. Padahal, benda purbakala tersebut memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Situs-situs ini memiliki berbagai bentuk, nilai dari punden berundak, menhir, dan beberapa jenis bangunan lain yang menandai adanya masyarakat pada zaman dahulu.

Ide pokok : Kerusakan situs bersejarah dan purbakala di Sukabumi.\
 FAKTA DAN OPINI
Fakta merupakan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Sedangkan opini atau pendapat kemungkinan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Pendapat memiliki ciri-ciri yang biasanya ditandai dengan kata-kata seperti: mungkin, bisa jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya, dan lain-lain yang menunjukkan kepada subjektivitas.
Contoh :
Kalimat Fakta:
• Kemendikbud meresmikan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 15 Juni 2003.
• Negara Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil.
Kalimat Opini atau Pendapat:
• Sebaiknya Anda menunggu sampai acara selesai.
• Langit mendung mungkin sebentar lagi hujan.