Jenis Wacana

1. EKSPOSISI

Salah satu bentuk wacana atau karangan yang bermaksud menjelaskan, mengembangkan, atau menerangkan suatu gagasan. Tujuannya untuk menambah pengetahuan pembaca tanpa berusaha utuk mengubah pendirian atau mempengaruhi sikap pembaca.

“ Krisis minyak yang disebut juga krisis energi menambah parahnya inflasi. Dalam waktu singkat, harga minyak naik emapat kali lipat. Ongkos transpor naik, biaya produksi pun ikut naik karena pabrik banyak yang menggunakan minyak bumi. Dengan demikian harga barang-barang juga menjadi tinggi.”

2. NARASI

Wacana atau cerita yang isinya mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa menurut urutan waktu atau secara kronologis. Kejadian yang dikisahkan dapat bersifat khayali atau factual, atau gabungan dari keduanya. Narasi ini sering dimasukkan ke dalam golongan karangan fiktif, jadi tercakup di dalamnya roman, novel, cerpen, kisah perjalanan, tambo, dan biografi

“Sejak kecil orang tuanya sudah tiada, tetapi, Tuhan telah menolongnya, sehingga kini ia menjadi orang yang berguna baik untuk diri maupun masyarakatnya.”

3. DESKRIPSI

Salah satu bentuk karangan yang menggambarkan suatu keadaan, kejadian, atau peristiwa sejelas mungkin sehingga pembaca mendapat kesan seperti melihat sendiri.

“Halaman rumahnya sangat luas. Sebuah kolam di tengahnya dikelilingi bunga yang berwarna-warni. Setiap hari, jika matahari bersinar, dan angin berhembus kencang, udaranya segar sekali dan daun-daun semua lincah menari.”

4. ARGUMENTASI

Sebuah wacana yang berusaha meyakinkan atau membuktikan kebenaran suatu pernyataan, pendapat, sikap, atau keyakinan. Dalam argumentasi ini, suatu gagasan atau pernyataan dikemukakan dengan alasan yang kuat dan meyakinkan sehingga orang yang membacanya akan terpengaruh untuk membenarkan pernyataan, pendapat,dan sikap yang diajukan.

“ Pemerintah bukannya tidak tahu bahwa rakyat Indonesia haus akan rumah murah yang sehat dan kuat. Departemen PU telah menyelidiki hal itu. Lalu dicarinya bahan rumah yang murah dan kuat. Agaknya, perlit yang diperoleh dari batu-batu gunung berapi menarik perhatian. Bahan ini tahan api, air, dan udara. Karena berlimpah-limpah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur, harganya dapat ditekan menjadi murah. Lagipula, perlit dapat dicetak menurut kehendak kita. Inilah sebabnya pemerintah dalam pembangunan kali ini berusaha membayar ratusan ribu rumah murah yang kuat dan sehat untuk memenuhi kebutuhan rakyat banyak.”

5. PERSUASI

Bentuk wacana yang tujuannya adalah meyakinkan, mengajak, atau membangkitkan suatu tindakan dengan mengemukakan alasan-alasan yang kadang-kadang agak emosional. Jika argumentasi berusaha membuktikan kebenaran atau pernyataan melalui proses penalaran yang sehat, persuasi berusaha merebut perhatian dan membangkitkan tindaakan terhadap pembacanya.

“Berketombe? Ada Clear anti ketombe. Clear antiketombe membunuh ketombe secara efektif serta memberi Anda tampan, rapi, wajar, dan tampan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s