Membacakan Berita

Contoh pemberian jeda pada teks berita:

Sebelum diberi tanda jeda

KEJADIAN LUAR BIASA

Meninggalnya puluhan orang sekitar sebulan terakhir akibat penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang merebak di berbagai kota di Indonesia membuat kita semua tergugah untuk mewaspadainya. Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, Senin – seperti dikemukakannya di beberapa media massa- telah menetapkan keadaan itu sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Sesudah diberi tanda jeda

KEJADIAN LUAR BIASA

Meninggalnya puluhan orang sekitar sebulan terakhir akibat penyakit demam berdarah dengue # (DBD) yang merebak di berbagai kota di Indonesia / membuat kita semua tergugah untuk mewaspadainya.// Menteri Kesehatan/Siti Fadilah SupariI/Senin Iseperti dikemukakannya di beberapa media massa /telah menetapkan keadaan itu sebagai kejadian luar biasa (KLB)//

b. Cara membacakan teks berita haruslah memperhatikan beberapa hal berikut:

1) Seorang pembaca berita harus memahami isi berita secara menyeluruh. Oleh karena itu, sebelum membacakan berita, ia harus membaca berita itu terlebih dulu dengan penuh konsentrasi dan berlatih membacakannya.

2) Menggunakan intonasi atau memberi tekanan suara pada kata-kata yang dianggap penting dengan tepat sehingga enak didengar.

3) Melafalkan kata-kata dengan tepat dan jelas (menggunakan artikulasi dengan jelas).

4) Mengatur volume suara agar jelas terdengar.

5) Memberikan jeda agar tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

6) Mengatur napas dengan seimbang.

7) Mengekspresikan setiap ucapan dengan tepat, seperti mimik wajah, sikap/posisi badan, dan gerak agar tidak terkesan monoton dan menimbulkan makna ganda bagi penyimak.

8)  Pembaca berita juga harus memperhatikan faktor pendukung lainnya, seperti penggunaan perangkat teknologi berupa komputer yang berisi gambar, foto, film, teks, atau animasi di luar teks berita yang akan dibacakan, pemilihan busana dan riasan (untuk pembacaan berita yang langsung berhadapan dengan pendengar), dll.

Soal-soal Penugasan

1. Bacalah kembali teks berita yang telah kalian buat atau kalian down load dari internet dengan teliti.

2. Berikan tanda jeda dengan tepat pada teks tersebut.

3. Berlatihlah untuk membacakannya dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas. Jika perlu amati contoh pembacaan berita oleh pembaca berita di TV, radio, dll.

4. Lengkapilah pembacaan teks berita tersebut dengan materi-materi pendukung yang dapat kalian program ke dalam komputer, seperti, gambar, foto, film, teks, atau animasi yang berkaitan dengan isi berita melalui microsoft word, microsoft excel, atau microsoft power point.

5. Buatlah kelompok/ tim pembaca berita dengan ketentuan satu kelompok terdiri dari 5 sampai 7 orang dan pilih salah seorang untuk menjadi ketua tim.

About these ads